-- -- ==
Layanan konsultasi gratis, tanya jawab seputar khat, kritik dan saran, silahkan sampaikan di HALAMAN INI. Insya Allah akan kami jawab dan kami tampikan di website ini.

ITS Kenalkan Seni Kaligrafi Tionghoa


FRANS AGUNG
Di Masjid Lautze ini terdapat 3 kalligrafi yang merupakan pemberian seorang imam dari sebuah lembaga semacam MUI di Beijing, China (23/8).
SURABAYA, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) melalui Unit Pelayanaan Teknis (UPT) Budaya dan Bahasanya memperkenalkan budaya Tionghoa melalui seni kaligrafi, di Surabaya, Senin.
Bentuk seni kaligrafi asal Tionghoa tersebut berupa goresan huruf yang ditulis dengan menggunakan kuas.
Menurut seniman kaligrafi China, Jean Mowen, dalam setiap goresan tertuang berbagai macam makna, mulai dari petuah hingga curahan hati.
Ia juga mengatakan bahwa saat menulis kaligrafi dibutuhkan ketenangan dan ketekunan untuk memulainya.
"Jika kita ingin belajar seni kaligrafi China, maka kita harus mau tekun dan bersabar dalam belajar," katanya.
Seni kaligrafi China merupakan warisan dari budaya China yang harus dilestarikan agar tidak punah.
Namun, seniman yang mahir menulis kaligrafi saat ini sudah banyak yang lanjut usia, dan saat ini tidak banyak generasi muda yang mengusai.
Dalam acara tersebut terlihat antrean para pengunjung yang antusias untuk mendapatkan goresan namanya yang ditulis dalam kaligrafi tionghoa.(*)
Sumber : http://oase.kompas.com/read/2009/10/27/03110485/its.kenalkan.seni.kaligrafi.tionghoa

Tutorial dan foto kaligrafi GRATIS. Anda akan mendapatkan kiriman email berisi tutorial dan foto kaligrafi setiap kami posting artikel baru di blog ini. Caranya : masukan email anda di kotak ini, lalu klik Subscribe. Bukalah email anda dan temukan link yang harus anda link untuk verifikasi

0 Response to "ITS Kenalkan Seni Kaligrafi Tionghoa"

Posting Komentar