-- -- ==
Layanan konsultasi gratis, tanya jawab seputar khat, kritik dan saran, silahkan sampaikan di HALAMAN INI. Insya Allah akan kami jawab dan kami tampikan di website ini.

8 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan

cang mete, atau yang dikenal juga dengan sebutan kacang mede atau kacang mente sebenarnya adalah biji dari jambu monyet atau jambu mede (Anacardium occidentale). Kacang mete bisa dijadikan sebagai makanan cemilan yang lezat.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengolah menjadi makanan cemilan yang lezat. Bisa dengan cara aling mudah yaitu langsung dibakar, dikupas kulit bijinya lalu dimakan. Ataupun dikupas kulit bijinya, dikeringkan, lalu digoreng. Selain itu, kacang mete bisa juga dijadikan sebagai bahan campuran olahan makanan atau kue yang lezat. Tergantung kita mau mengolahnya menjadi apa.

Selain rasanya yang lezat, dalam kacang mete terkandung beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut diantaranya:

1. Mencegah Kanker
Kacang mete mengandung proanthocyanidins, jenis flavanol yang terbukti bisa mencegah selkanker bereproduksi dan mematikan sel tumor. Bahkan hasil studi menunjukkan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada mete juga membantu manangkal radikal bebas, sekaligus sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Menutrisi Rambut dan Kulit
Kacang mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosinase. Enzim ini bertugas mengkonversi tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna pada rambut dan kulit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi tingkat trigliserida. Selain itu, magnesium dalam kacang mete bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Risiko jantung koroner dan kardiovaskuler bisa ditekan dengan rutin mengkonsumsi kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi antioksidan.

4. Mencegah Batu Empedu
Menurut hasil studi oleh Nurses Health Study terhadap 80.718 wanita, diketahui bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu ons kacang setiap minggu, seperti kacang mete, memiliki risiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu.

5. Merawat Kesehatan Tulang
Kacang mete juga mengandung magnesium, zat selain kalsium sebagai penyusun tulang. Selain itu, tembaga dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi.

6. Baik untuk Saraf
Tidak hanya baik untuk tulang, kandungan magnesium pada kacang mete juga memberi manfaat pada aliran saraf dan otot. Magnesium menjaga pembuluh darah dan otot tetap rileks dengan cara memperlambat aliran kalsium ke sel-sel saraf.
Hasil penelitian membuktikan bahwa magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung. Sebaliknya, kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, dan lelah.

7. Meningkatkan fungsi otak
Kacang mete bisa membantu meningkatkan oksigen ke otak. Kacang mete memainkan peran penting dalam meningkatkan memori. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal berkaitan dengan produksi sel otak. Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini, dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi akan kedua lemak tersebut.

8. Menurunkan Berat Badan
Mereka yang mengkonsumsi kacang mete dua kali seminggu cenderung terhindar dari kegemukan. Sekitar 75 % lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh (unsaturated fats) yang merupakan lemak baik.
Selain itu, kacang mete mengandung serat dalam jumlah tinggi. Lemak baik membuat kacang mete dapat membantu menurunkan berat badan dan memberikan lebih banyak energi pada tubuh. Kacang mete juga membantu memperlancar metabolisme 
tubuh.http://www.manfaatnya.com/8-manfaat-kacang-mete-untuk-kesehatan/

Tutorial dan foto kaligrafi GRATIS. Anda akan mendapatkan kiriman email berisi tutorial dan foto kaligrafi setiap kami posting artikel baru di blog ini. Caranya : masukan email anda di kotak ini, lalu klik Subscribe. Bukalah email anda dan temukan link yang harus anda link untuk verifikasi

0 Response to "8 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan"

Poskan Komentar