-- -- ==
Layanan konsultasi gratis, tanya jawab seputar khat, kritik dan saran, silahkan sampaikan di HALAMAN INI. Insya Allah akan kami jawab dan kami tampikan di website ini.

Ternyata Sandal ber-Lafadz Allah Adalah Khat Kufi Jenis Murabba' Surah Al-Ikhlas, Ini Sejarah Khat Tersebut

Ramainya pemberitaan tentang sandal bertulis lafadz Allah di media sosial dan TV sangat mengundang perhatian saya. Wajar hal ini karena saya sudah beberapa tahun belajar kaligrafi dengan berbagai variasi dan jenisnya. Jika diperhatikan Ternyata Sandal yang katanya Bertulis Lafadz Allah ini menggunakan Khat Kufi aliran Murabba' . Adapun yang ditulis adala Surah Al-Ikhlas atau dikenal dengan surah Qulu atau Qul huwallau ahad. hati-hati ya bagi yang beli sepatu sandal wanita di online sandal wanita ataupun sandal wedges online.

update berita 17-102015  :
info ada sandal lagi bertulis nama Allah, Muhammad dan Islam
cek ini fotonya dan cek sandal anda masing-masing. Jangan-jangan ada nama anda di bawah sandal juga. ini penampakannya




Sebelumnya juga pernah terjadi pada artis musisi Ahmad Dhani yang membuat logo albumnya dari lafadz Allah menggunakan khat kufi murabba' juga dan menginjaknya dalam sebuah acara.

Ternyata Beredarnya sandal Glacio bermotif lafaz Allah mengundang perhatian banyak pihak. Tadi pagi tanggal 14-10-2015 disiarkan d TV pihak pabrik dan ulama sudah memusnahkan sandal tersebut dengan cara dibakar dan disaksikan berbagai pihak. Para Ulama mengimbau agar kiranya masyarakat dapat menahan diri dan tidak emosi hingga berbuat anarkis. Karena pihak perusahaan sudah menyatakan secara resmi dalam sebuah wawancara agar ummat islam memberikan maaf dan pembuatan sandal dengan lafadz Allah dan surah al-iklas ini tidak disengaja. Tentu pihak perusahaan tidak mengetahui ini adalah tulisan Alquran.

Ketidaktahuan ini tentu wajar sekali, sebab tulisan surah Al-ikhlas ini ditulis menggunakan khat kufi jenis murabba' yang bentuknya menyerupai motif sekat dan jendela di negeri cina.

Sebagaimana kita tahu bahwa khat kufi jenis murabba' ini sangat sulit dikenali bagi kalangan yang awam ilmu kaligrafi. oleh karena itula pentingnya belajar ilmu khat dan seluk-beluknya. Bukan sekedar belajar menulisnya.


logo Ahmad Dani bertuliskan Allah
 beberapa kali menggunakan
khat kufi murabba' juga
Khat Kufi Murabba' ini menggunakan motif dan jenis huruf menyerupai sekat atau jendela dari negeri cina dan merupakan jenis khat kufi pada perkembangan seni tulis khat pada masa awal perkembangan.

Tidak heran melihat bentuknya yang masih kaku dan masih mendekati huruf paku kuno
Khat kufi jenis ini lebih dekat dengan awal mula adanya tulisan kat dahulu, bentuknya masih menggunakan bentuk-bentuk geometris.


Adapun Geometris merupakan cabang dari ilmu matemetika geometris yang menjadi cikal bakal pembentukan ilmu ukuran huruf dalam ilmu khat.

Pihak pabrik mengatakan tidak ada faktor kesengajaan dalam desain motif sandal tersebut, namun banyak pihak tak percaya. Pasalnya, motif itu bukan sekedar lafaz Allah melainkan kaligrafi surat Al Ikhas. 

Di media sosial, beredar rahasia desain motif sandal tersebut yang ternyata adalah kaligrafi surat Al Ikhlas. Tepatnya, dua kaligrafi surat Al Ikhlas dengan ukuran sedikit berbeda kemudian dipotong sesuai bentuk sandal.

Bagi anda yang suka romantis-romantisan dan berkata manis baca juga kumpulan kata mutiara kaligrafi 

“Tidak mungkin kalau tidak disengaja, mendesain sesuatu itu perlu sebuah ide, pensil dan kertas tidak asal jadi meski itu hanya alas sepatu,” tulis Rafa Elo Arema, salah seorang pembaca Bersamadakwah. 

“Apakah kita percaya bahwa itu tidak disengaja…??? Test of water menjadi “trend” yang sangat jitu untuk menilai reaksi umat Islam….!!!,” tambah Raden Kujang. “Kelakuan kafir culas begini nih, ketahuan baru ngeles. Harusnya dikenakan pasal penghinaan agama..,” timpal Syahrul. 
khat kufi murabba' basmalah
Seperti diberitakan sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Polda Jawa Timur dan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur telah mendatangi lokasi pabrik Sandal Glacio tersebut. PT Pradipta Perkasa Makmur selaku produsen Sandal Glacio mengaku tidak ada unsur kesengajaan dalam desain sandal tersebut. “Tidak ada unsur kesengajaan desain. Desainernya orang Islam juga tidak menyadari ada lafaz tersebut,” kata Yulianto mewakili pihak manajemen kepada anggota DPRD Jatim. 

Pemilik perusahaan , Low Hwa, telah dipanggil oleh Polda Jatim. Ia menyatakan pihaknya tidak mengetahui jika ternyata desain sandal tersebut bermasalah. Mesin pencetak sandal, menurutnya, berasal dari Cina. Ia juga mengatakan perusahan siap menarik sandal yang telah beredar dari berbagai toko sandal onlinedan toko sandal wanita yang jual sandal wanita

sumber : dari berbagai referensi buku sejarah kaligrafi dan www.liputanterkini.net

Tutorial dan foto kaligrafi GRATIS. Anda akan mendapatkan kiriman email berisi tutorial dan foto kaligrafi setiap kami posting artikel baru di blog ini. Caranya : masukan email anda di kotak ini, lalu klik Subscribe. Bukalah email anda dan temukan link yang harus anda link untuk verifikasi

0 Response to "Ternyata Sandal ber-Lafadz Allah Adalah Khat Kufi Jenis Murabba' Surah Al-Ikhlas, Ini Sejarah Khat Tersebut"

Poskan Komentar