-- -- ==
Layanan konsultasi gratis, tanya jawab seputar khat, kritik dan saran, silahkan sampaikan di HALAMAN INI. Insya Allah akan kami jawab dan kami tampikan di website ini.

Tutorial Membuat Desain Mal Kaligrafi Arab Untuk Hiasan mushaf kaligrafi Al Quran & Dekorasi Menggunakan Cairan Kimia

Tutorial kaligrafi arab ini adalah tutorial cepat dalam membuat mal kaligrafi hiasan mushaf yang memanfaatkan cairan kimia, dan Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan artikel kaligrafi tentang tutorial desain atau mal kaligrafi arab menggunakan cairan kimia. Tutorial cara membuat desain kaligrafi berikut ini dapat diaplikasikan pada proses pembuatan berbagai jenis kaligrafi, seperti : pembuatan mal dan desain pada kaligrafi arab hiasan rumah, kaligrafi mushaf Al Quran, kaligrafi dinding, dekorasi dinding rumah, hiasan untuk kaligrafi, mushaf kaligrafi, hiasan kaligrafi arab, kaligrafi hiasan dinding, dll.
kaligrafi mushaf
kaligrafi mushaf dibuat dengan mal menggunakan
cairan kimia m3 karya ustadz Asep Karawang

Trik membuat mal dan desain yang akan saya bagikan ini sebenarnya ilmunya sudah saya miliki sejak tahun 2006, saya peroleh dari Ustad Dhohiruddin dari Jambi dan Ustad Hajir dari palu. Untuk diketahui cara membuat mal kaligrafi ini sudah sejak lama digunakan oleh para juara mushaf nasional dan kaligrafi dekorasi nasional atau para juara kaligrafi dekorasi mtq baik dalam kegiatan lomba kaligrafi kabupaten maupun nasional, baik dibidang kaligrafi dekorasi, kaligrafi mushaf, maupun  kaligrafi dekorasi masjid.

Sebenarnya masih lumayan banyak pengalaman ilmu tutorial kaligrafi yang sangat ingin saya bagikan ke pembaca di internet, khususnya kaligrafer di daerah-daerah yang kekurangan informasi alat dan trik kaligrafi. Namun karena menyangkut waktu , tenaga serta biaya, saya tidak sempat menulis begitu banyak trik dan artikel tentang kaligrafi. Sumbangan dari pembaca sangat berarti bagi saya dalam menulis artikel kaligrafi secara berkelanjutan dalam jangkan panjang. Anda bisa menyumbang dana atupun doa saja. Hehehee…. Bagi yang mau nyumbang doa silahkan dan bagi yang mau nyumbang dana silahkan ke rekening kami, detailnya klik disini.
mushaf al quran dengan mal dibuat
dengan bensin karya Ustadz Muluk

Supaya saya dapat terus sering menulis artikel tentang trik-trik kaligrafi yang tentu selalu anda nantikan kehadiannya. Dana diperlukan untuk koneksi internet, membuat blog, mencari referensi, posting artikel dan upload foto/vidio.

Tenaga diperlukan sebab menulis artikel perlu hati-hati dan teliti. Kadang satu artikel saya bisa tulis dalam sehari atau bahkan beberapa hari, perlu kopi, cari referensi, camilan dan memeras tenaga dan otak.

Waktu juga diperlukan, sebab usia saya yang panjang diperlukan agar saya dapat terus nulis artikel dan trik kaligrafi. Semoga umur saya panjang, amin ya rabbal alamin. Selain itu waktu dibutuhkan untuk menyempatkan diri dari urusan mencari nafkah untuk diri, anak dan istri. Kalau saya sibuk mungkin saya tidak akan sempat nulis artikel lagi atau setidaknya akan sangat jarang berbgai artikel. Doain deh moga rejekinya lancar dan banyak waktu longgar…

Baiklah langsung saja kita praktek membuat desain dan mal kaligrafi. Sebelumnya kita perlu alat dan bahan yang perlu disiapkan. sebelumnya jug aperlu anda baca artikel tentang Nyeri Punggung Saat membuat karya kaligrafi? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Alat dan Bahan :
  1. Pensil
  2. Penghapus/step
  3. Kertas karton/manila ukuran 60 cm X 80 cm
  4. Pisau cuter/gunting
  5. Kapas/lap/serbet/kain
  6. Foto contoh kaligrafi dekorasi terbaru atau hiasan mushaf/ foto kaligrafi dekorasi
  7. Spidol merk snowman kecil. Harga sekitar Rp 2.000-Rp 4.000
  8. Cairan kimia m3 1 liter. Banyak dijual di toko sablon. Fungsinya untuk membersihkan pori-pori screen sablon dari cat sablon. Ada 2 macam cairan jenis ini, yang mahal dan murah. Sebaiknya beli yang agak mahal karena tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Namun cairan ini berbau tajam, bagi yang kurang daya tahan tubuhnya, hidungnya bias berlendir terus, bahkan bisa pingsan. Sebaiknya cairan ini nanti digunakan di ruangan dengan udara terbuka, karena berbahaya. Harga cairan m3 bagus sekitar RP 50.000/liter, yang jelek RP 30.000/liter.
  9. Cairan minyak thiner yang kualitas bagus atau thinner merk SEMUT. Ini lebih baik digunakan karena cairannya tidak terlalu bau. Ini lebih baik digunakan dan dapat dipakai sebagai pengganti cairan im3 di atas. Arga RP 25.000/liter
  10. Bensin. Ini bisa dipakai kalau anda tidak mau beli thiner atau im3 di atas. Lebih murah, aman dan mudah diperoleh. Namun masih agak berbau hasil mal-nya nanti. Harga RP 10.000/liter
Baca juga artikel tentang kaligrafi islam kontemporer

Inilah cara membuat kaligrafi diawali dengan membuat mal sebagai salah satu cara membuat kaligrafi arab yang joz
Praktek cara membuat mal atau desain kaligrafi :
  1. Silahkan membuat motif atau desain kaligrafi ataupun ornamen sesuka anda mengunakan pensil pada sebidang kertas karton. Bisa anda buat sendiri, ataupun bisa meniru desain mushaf atau desain kaligrafi dekorasi nasional yang sudah anda miliki sebagai contoh.
  2. Lalu tebalkan desain tersebut menggunakan spidol merk Snowman kecil.
    hiasan untuk kaligrafi
    desain kaligrafi, hiasan untuk kaligrafi
  3. Pergilah ke tempat foto copy, dan foto copy-lah desain tersebut secara full penuh pada kertas yang seukuran karton (namanya kertas HVS A0/ A nol/ kertas HVS ukuran 60 cm x 80cm). Biaya fotocopy 1 karton full seharga RP 20.000-an. Kalau tempat foto copy tsb tidak ada kertas A0, maka silahkan potong-potong kertas karton yang sudah ada desainnya itu menjadi 4 bagian dan foto copy-lah 8 bagian kertas tsb secara terpisah dan kemudian sambungkan hingga menjadi utuh full satu karton.
    desain kaligrafi hiasan mushaf
    desain kaligrafi hiasan mushaf
  4. Pulanglah ke rumah dan tempelkan sisi kertas A0 yang hasil foto copy tadi ke karton. 
  5. Basahilah kapas/lap/serbet menggunakan cairan kimia m3/bensin/thinner tadi
  6. Usapkan kapas/lap/serbet ke kertas A0 secara merata asal basah saja, agar tinta fotocopy-nya lunak dan mengencer
    cara membuat desain
    cara membuat desain
  7. Basahilah kapas/lap/serbet menggunakan cairan kimia m3/bensin/thinner tadi lagi
  8. Usapkan kapas/lap/serbet ke kertas A0 secara merata namun agak ditekan, agar tinta fotocopy-nya pindah ke kertas karton dibawahnya
  9. Tarammm….. mal atau desain berpindah ke kertas karton lainnya dan siap anda warnai
    musaf kaligrafi
    musaf kaligrafi
  10. Gunakanlah cat merk merris untuk mendukung kerja kaligrafi anda dan agar pekerjaan cepat. Karena cat merris punya sifat tidak menghapus bekas spidol yang sudah dimal tadi. Sehingga nantinya kita bias mudah mengikuti alur tangkai punya dan penempatan bunga dan daun sesuai sketsa yang sudah dibuat. belilah cat merris di tokolemka
  11. baca jug artikel  yang sangat penting bagi anda tentang Bagaimana cara mengolah tinta yang benar untuk menulis kaligrafi ?
    contoh hiasan kaligrafi
    contoh hiasan kaligrafi

Demikianlah sekilas sedikit trik atau ilmu desain mal kaligrafi arab yang dapat saya bagikan tentang kaligrafi hiasan dekorasi yang juga bisa di aplikasikan ke pembuatan kaligrafi musholla dan kaligrafi cabang dekorasi. Semoga artikel ini  bermanfaat guna menambah amal ibadah kita bagi kehidupan dunia akhirat kepada Allah SWT. Amin
mushaf kaligrafi
mushaf kaligrafi

Jangan lupa trik membuat desain kaligrafi arab di coba yah….. Tentu anda ingin mencoba trik ini dalam membuat desain kaligrafi arab, kaligrafi di masjid, kaligrafi hiasan dan jugahiasan kaligrafi dinding.
mushaf al quran
mushaf Al quran

 Bila menurut anda artikel in bagus dan bermanfaat mohon klik tombol like di bawah ini dan dan lakukan klik tombol share ke social media kesukaan anda, agar teman dan sahabat anda juga tau ada trik ini. Semoga yang melakukan like dan share mendapat pahala dan amal kebajikan dari sisi Allah Swt dan bernilai ibadah karena membagikan ilmu kaligrafi kepada teman teman lainnya supaya makin tau.

Bila anda yang ingin bertanya atau merasa artikel ini kurang sempurna, terutama bagi teman-teman yang sudah pengalaman dibidang ini, kami sangat mohon kritik dan saran anda melalui kolom komentar di bawah supaya artikelnya bisa kami perbaiki dan kami sempurnakan lagi.

Jangan lupa sering-sering mampir ke blog kaligrafi kami tercinta ini, Karena kami akan terus berusah update artikel terbaru tentang kaligrafi mushaf Al Qur’an,  kaligrafi dekorasi,  cara membuat desain kaligrafi, cara menulis kaligrafi, dll.

Tutorial dan foto kaligrafi GRATIS. Anda akan mendapatkan kiriman email berisi tutorial dan foto kaligrafi setiap kami posting artikel baru di blog ini. Caranya : masukan email anda di kotak ini, lalu klik Subscribe. Bukalah email anda dan temukan link yang harus anda link untuk verifikasi

4 Responses to "Tutorial Membuat Desain Mal Kaligrafi Arab Untuk Hiasan mushaf kaligrafi Al Quran & Dekorasi Menggunakan Cairan Kimia"

  1. aslkm, ustd. mau nanya apakah buat desain cukup setengah karton atau full satu karton. mohon bantuannye. semoga Allah memberikan kemudahan dalam setiap urusanya...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. membuatnya bs 1/2 karton dan bs 1 karton full tergantung keperluan saja bu
      kalaupun mau buat yg full 1 karton anda bs buat 1/2 dl. lalu d copy bolak balik sehingga jadi satu karton full
      harga copy 1 karton full biasanya 20rb d jabar

      Hapus

  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, musik, video, film dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis

    BalasHapus